Sabtu, 14 November 2015

Sintaks Dasar HTML

coding

Sebagai sebuah elemen dasar di dalam pemrograman Web, HTML memiliki beberapa aturan - aturan dalam penulisnya yang kesemuanya itu harus kita penuhi dalam penulisnya. Sehingga dengan adanya aturan - aturan tersebut, sebagai seorang programar Web Kita harus konsisten dalam hal penulisan semua Tag - Tag HTML.

HTML memiliki beberapa beberapa sintaks dasar yang hampir mirip dengan semua pemrograman baik yang berbasis Web maupun visual. Kemiripan itu adalah bahwa semua struktur pemrograman harus ada sintaks yang menyatakan program itu dimulai dan diakhiri dengan sintaks. Sebagai contohnya dalam pemrograman Web PHP Kita mengenal tanda <?php sebagai tanda mengenalkan bahwa semua bentuk setelah tanda <?php merupakan halaman isi program PHP dan kemudian untuk menutupnya diakhiri dengan tanda ?>. Selain itu Kita juga dapat mengambil contoh pada pemrograman Pascal yang mendeklarasikan Begin sebagai pertanyaan awal pemrograman dan diakhiri dengan end;. Berikut adalah beberapa yang diperlukan pada saat menuliskan Dokumen HTML.

Tag HTML

Dokumen Tag HTML selalu didahului dengan sebuah Tag yang menandakan bahwa Dokumen tersebut adalah Dokumen HTML. Tag tersebut adalah <html> dengan sintaks penulisannya adalah

<html> . . . isi web . . . </html>

Anda bisa menuliskan sintaks tersebut pada NotePad kemudian Simpan sintaks tersebut dengan type file .html / .htm, dengan demikian semua isi yang ada di dalam Tag HTML akan dianggap sebagai Dokumen HTML.


Tag HEAD

Dalam sebuah halaman HTML, terdapat Tag yang digunakan untuk mengidentifikasi halaman Web, dalam bagian ini terdapat beberapa Tag yang berfungsi untuk mengidentifikasikan judul yang berkaitan dengan halaman Web yang dibuat.

Tag yang berguna untuk mengidentifikasikan judul web adalah Tag TITTLE yang dalam penulisannya seperti berikut ini :

<head>
<tittle> . . . judul web . . .</tittle>
</head>

Selain TITTLE, HEAD juga memiliki Elemen yang berguna untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan  halaman Web HTML tersebut, Tag yang digunakan untuk mengidentifikasikan informasi halaman Web tersebut adalah META dengan penggunaan seperti berikut :

<META Atribut="Value">

Atribut yang digunakan di dalam Tag META :


Atribut Value Keterangan
name text Digunakan untuk mendeklarasikan kedudukan pengisi, ,misalnya : "Programmer"
content text Menjelaskan dari judul yang dideklarasikan pada Atribut Name
http-eqiuv text Untuk mendeklarasikan Atribut Server HTTP

Contoh penggunaan Meta di dalam aplikasi web yang berkaitan dengan programmernya (pembuat program):

<meta name="programmer" content="rochmad tege">

Atau

<meta http-equiv="expires" content="wed, 15 November 2015 12:05:00 gmt">

Dari Tag di atas Kita peroleh keterangan bahwa Program tersebut dibuat oleh Programmer bernama rochmad tege, dan dibuat pada bulan November 2015, jam 12.05.

0 komentar:

Posting Komentar