Sabtu, 14 November 2015

Pengenalan WWW (Word Wide Web)

url, address, link

Internet adalah sebuah solusi jaringan yang dapat menghubungkan beberapa jaringan Local yang ada pada suatu Daerah, Kota, atau bahkan pada suatu Negara. Dengan adanya internet kita dapat menghubungkan beberapa jaringan Local yang ada pada setiap tempat. Tidak hanya itu juga dengan adanya internet setiap orang dapat melakukan kegiatan apa saja seperti mengirim E-mail, mencari data, bermain game, akses bank, atau bahkan melakukan pembelanjaan pada Toko Online antar Negara.

Untuk dapat menghubungkan beberapa komputer sehingga menjadi sebuah kelompok jaringan, Kita membutuhkan suatu media penghubung yang bernama TCP/IP, yaitu sebuah protokol yang mengidentifikasi sebuah komputer yang terhubung di dalam jaringan. TCP/IP memiliki teknik mengidentifikasi dengan menggunakan Penomoran yang dinamakan Nomor IP / IP Address (Internet Protokol Address). Dengan menggunakan Nomor ini sebuah komputer dapat terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan atau dalam jaringan global yang disebut Internet.

Selain Ghoper, WWW atau yang sering disebut Word Wide Web (Jaringan Dunia Luas) adalah sebuah jaringan dari internet yang sangat dikenal dalam dunia internet, dengan adanya WWW seorang pengguna dapat menampilkan sebuah  halaman Virtual yang disebut dengan Web Site.

Jika dilihat dari proses kerjanya WWW (Word Wide Web) dapat dibagi menjadi beberapa komponen sebagai berikut :

Protokol
: adalah media yang distandarkan untuk dapat mengakses komputer di dalam sebuah jaringan. Halaman yang dapat diakses adalah halaman Web Site. WWW memiliki standar Protokol yang bernama HTTP atau (Hypertext Transfer Protokol). Dengan menggunakan protokol ini sebuah halaman yang berada dalam komputer jaringan dapat dibuka dan diakses.
Address
: Merupakan alamat yang berkaitan dengan penamaan sebuah komputer di dalam jaringan. Alamat ini sebenarnya merupakan sebuah Nomor yang memiliki sebuah komputer yang sering disebut dengan Nomor IP, akan tetapi dengan adanya perkembangan jaman, maka dibentuklah metode baru yang bernama Domain Name, sehingga No IP tersebut digantikan dengan sebuah alamat yang dinamakan URL (Uniform Resource Locator) yang berkaitan dengan nama suatu instansi pemilik komputer tersebut misalnya, http://www.google.co.id.
HTML
: Selain dari kedua media tersebut masih membutuhkan sebuah media lagi yaitu HTML (HyperText Markup Language), yaitu sebuah bahasa Scripting yang dapat menghasilkan halaman Web Site sehingga halaman tersebut bisa diakses pada setiap komputer pengakses (Client).

Dari beberapa komponen yang berkaitan dengan WWW di atas dapat dijelaskan dengan penggambaran seperti beikut :

url
Gambar : Hubungan antara Protokol, Address, dan HTML

Pada gambar di atas menggunakan alamat dengan adanya sub path direktori yang ditandai dengan tanda (~), yaitu /~bun10026/ merupakan alamat path yang ada di dalam Server. Pada gambar protocol di atas juga masih dapat dibagi menjadi beberapa bentuk lagi yaitu :

http
: Protocol yang digunakan untuk mendapatkan informasi pada server www.
ftp
: Protocol yang digunakan untuk mendapatkan informasi pada server ftp
file
: Protocol yang digunakan untuk mendapatkan informasi pada sistem lokal
mailto
: Protocol yang digunakan untuk mendapatkan link ke pelayanan E-mail Server. Misalnya : http://gmail.com
news
: Protocol yang digukana untuk mendapatkan link (hubungan) ke pelayanan newsgroup
telnet
: Protocol yang digunakan untuk mendapatkan link (hubungan) ke pelayanan telnet

0 komentar:

Posting Komentar