Jumat, 27 November 2015

Mikrotik adalah

Pengenalan Mikrotik - mikrotik adalah ruter canggih berbasis sistem operasi Linux. Alat ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan jaringan komputer, mulai dari ruting statis, ruting dinamis, hotspot, firewall, VPN, DHCP, DNS Cache, Web Proxy, dan beberapa fungsi lainnya.
mikrotik
Karena penggunaannya yang sangat mudah, beberapa admin menyebut Mikrotik terdiri dari berbagai versi, mulai dari router indoor, wireless router indoor/outdoor, embedded 2,4 GHz atau 5,x GHz, antena indoor/outdoor, dan lain - lain.

Licensi Level

Mikrotik router dipasarkan dengan berbagai level lisensi. Masing - masing memiliki kemampuan yang tidak sama. Semakin tinggi level, semakin banyak kemampuannya. Hal inilah yang harus Anda ketahui saat ingin membeli lisensi Mikrotik. Selain itu, pastikan lisensi yang Anda beli mampu memenuhi kebutuhan Anda. Detail perbedaan masing - masing level lisensi dapat dilihat pada tabeh dibawah ini :

Tabel. License Level Mikrotik
mikrotik

Beberapa jenis produk Router Mikrotik

Sebagai panduan dalam memilih pilihan produk yang bervariasi, berikut disajikan spec teknis dasar dari berbagai macam produk routerboard yang tersedia agar tidak terjadi salah beli dan menjamin spec sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada dasarnya produk Mikrotik dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu
  1. Lisensi tanpa DOM ( Disk On Module) : Yang dijual disini hanyalah lisensi, bukan berupa perangkat. Misal kita men-download file iso installer mikrotik, kemudian menginstalnya di PC maka kita akan memerlukan lisensi DOM yang terdiri dari level 4,5 dan 6.
  2. Lisensi dengan DOM (Disk On Module) : Adalah perangkat yang berupa sebuah hard disk dan didalamnya sudah terinstal Mikrotik, perangkat siap untuk ditancapkan di slot IDE maupun SATA di PC. Dijual dalam versi 4,5 dan 6, baik IDE DOM maupun SATA DOM.
  3. Router Indoor : Router yang digunakan untuk pengelolaan jaringan komputer seperti halnya router Cisco. Dijual didalam level 4 dan 6 dan terdiri dari 4 atau 5 interface ethernet dengan kecepatan 10/100 maupun 10/100/1000 (level G/Gigabit).
  4. Wireless Outdoor 600 : Wireless Outdoor dengan routerboard seri 600 dipasarkan dengan versi A1 hingga A8. Angka setelah huruf A menyatakan jumlah colokan antena yang dimiliki. A1 bearti memiliki 1 colokan antena, A2 memiliki 2 colokan antena dan seterusnya hingga A4. Wireless indoor ini memakai OS level 4 dan memiliki 3 gigabit ethernet.
  5. Wireless Indoor 600 : Wireless indoor dengan routerboard seri 600 dipasarkan dengan versi A1 hingga A4. Angka setelah huruf A menyatkan jumlah colokan antena yang dimiliki. A1 bearti memiliki 1 colokan antena, A2 memiliki 2 colokan antena, dan seterusnya hingga A4, wireless indoor ini memakai OS level 4 dan memiliki 3 gigabit ethernet.
  6. Wireless Indoor 493 : Wireless indoor dengan routerboard seri 493 dipasarkan dengan versi A1 hingga A3 dan memakai lisensi OS level 4. Tipe AH adalah wireless indoor 493 dengan kemampuan yang lebih tinggi dengan processor yang lebih cepat dan lisensi OS level 5. Kedua tipe memiliki 9 ethernet 10/100.
Itulah tadi penyampaian yang saya berikan mengenai Mikrotik dan beberapa lisensi mikrotik, yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli mikrotik. Semoga bermanfaat informasi yang ada pada blog ini untuk Anda semua, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar