Selasa, 01 September 2015

Cara Sinkronisasi Dapodik

Mungkin bagi anda yang masih baru menjalani pekerjaan anda sebagai seorang operator dapodikmen/dapodikdas masih bingung bagaimana caranya melakukan sinkronisasi data supaya data bisa terkirim ke Dinas Pendidikan setempat. Nah, bagi anda yang masih baru dalam dunia pendidikan atau masih kesulitan bagaimana cara melakukan sinkronisasi Data PTK, Data Siswa, Profil Sekolah, di Dapodik berikut ini langkah - langkah yang harus dilakukan.


Yang pertama silahkan anda menekan tombol Validasi seperti yang ada pada gambar dibawah.

dapodikdas


Kemudian nanti akan muncul Form Validasi Data, silahkan anda klik tombol Refresh seperti pada gambar dibawah yang saya lingkari merah.

dapodikmen


Ketika sudah di Klik Refresh nanti akan muncul pesan data Invalid ada berapa, ketika data Invalid berjumlah 0 baris maka bearti semua data sudah lolos dari Validasi. Seperti pada gambar dibawah ini.

dapodik


Selanjut ketika data Invalid berjumlah 0 baris, langkah terakhir adalah melakukan Sinkronisasi data dengan menekan tombol Sinkronisasi yang berwarna hijau seperti pada gambar dibawah ini.

dapodik


Terakhir, tunggu sampai Sinkronisasi mencapai 100%, itu membuktikan kalau data sudah terkirim ke Dinas Pendidikan setempat secara maksimal.

dapodik



Selamat mencoba dan sukses selalu untuk pendidikan di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar